[Drama Review] Moon Lovers – Scarlet Heart: Ryeo

cr: asianwiki

cr: asianwiki

  • Judul Internasional : Moon Lovers – Scarlet Heart: Ryeo / Moon Lovers / Scarlet Heart: Ryeo
  • Judul Korea : 달의 연인-보보경심 려
  • Romanized : Daleui Yeonin-Bobogyeongsim Ryeo
  • Kategori : K-drama; historical, romance, fantasy, thriller
  • Broadcast : SBS
  • Episode : 20
  • Perilisan : 29 Agustus – 1 November 2016

Cast :

  1. IU as Hae Soo/Go Ha Jin
  2. Lee Jun Ki as Wang So (4th Prince)
  3. Kang Ha Neul as Wang Wook (8th Prince)
  4. Hong Jong Hyun as Wang Yo (3rd Prince)
  5. Nam Joo Hyuk as Baek Ah (13th Prince)
  6. Baekhyun as Wang Eun (10th Prince)
  7. Ji Soo as Wang Jung (14th Prince)
  8. Yoon Sun Woo as Wang Won (9th Prince)
  9. Kim Sung Kyun as Choi Ji Mong
  10. Jin Ki Joo as Chae Ryung
  11. Kang Han Na as Yeon Hwa

Goryeo… Back to the past!

cr: dramafever

cr: dramafever

Story:

Terlalu percaya pada orang dapat membunuhmu; itulah yang dirasakan Go Ha Jin. Hidupnya berantakan. Ia tidak lagi punya rumah untuk bernaung, kerabat untuk berbagi dan uang untuk hidup. Dalam kesengsaraan, ia mencari pelipur lara dengan minum soju di danau taman. Tanpa sengaja ia memerhatikan seorang anak yang bermain di tepi danau dan menjadi orang pertama yang menyaksikan sang anak akan tenggelam. Ha Jin bergerak untuk menyelamatkannya tapi malah berakhir tenggelam karena kekuatan aneh yang menariknya ke bawah danau. Hal terakhir yang dilihatnya adalah pergerakan bulan yang tak biasa lalu ia terbangun di air pemandian pribadi penuh dengan lelaki. Di tengah kebingungan, ia diseret keluar oleh seorang perempuan yang jelas mengenalnya dan dari perempuan bernama Chae Ryung itulah ia tahu bahwa ia terbangun di era yang berbeda bernama Goryeo. Di era Goryeo, ia dikenal dengan nama Hae Soo, seorang keluarga bangsawan Hae yang sepupunya adalah istri dari Pangeran ke-8, Wang Wook. Sekali lagi ia menemukan dirinya terjebak dalam kebingungan: bagaimana ia bisa ada di Goryeo? Apa yang terjadi dengan dirinya di masa depan? Apa yang harus dilakukannya? Banyak hal yang menjadi pertanyaan dan ia memutuskan untuk hidup sebagai Hae Soo sembari mencari jawaban untuk dirinya sendiri. Tapi Goryeo sama sekali berbeda dengan dunia modern. Perbedaan bahasa, kasta dan tata negara membuat sang gadis harus belajar banyak. Hidup Hae Soo dipenuhi dengan keluarga kerajaan dan perlahan ia berurusan dengan sejarah lebih dalam. Para pangeran yang menjadi temannya adalah pelaku sejarah berdarah di Goryeo. Siapa saja yang akan terlibat dan bertahan? Apa yang harus dilakukannya? Dapatkah ia mengubah sejarah berdarah Goryeo?


EXO (Chen, Baekhyun, Xiumin) – For You


Appreciation:

Daann seri drama pertama yang kulihat di masa liburan semester ini adalah Moon Lovers! Atau Scarlet Heart. Yah, sama saja sih.

Setelah muncul beberapa bulan lalu akhirnya baru kulihat lengkapnya drama yang punya dua judul ini. Setelah dapat spoiler dari mana-mana tentang ending-nya, setelah menunggu lepas dari tugas-tugas aku memutuskan untuk nonton. Yang membuatku kemari, sekali lagi, karena pemainnya dan kali ini karena Kang Ha Neul. Tapi memang sepertinya drama 2016 gemar memikat hati penontonnya. Karakter dan storyline yang dikembangkan bagus dan jelas mulai awal sampai akhir. Hae Soo yang perlahan beradaptasi dengan lingkungan Goryeo, Wang So yang perlahan punya tujuan untuk hidup, Wang Wook yang berubah karena cinta. Konflik yang ada dijelaskan dengan sebab-akibat yang juga berpengaruh dengan karakternya. Jalan cerita yang awalnya santai mulai menjadi kompleks setelah kematian sang kakak sepupu dari Hae Soo sekaligus istri dari Wang Wook dengan porsi pas. Terkadang akan ada humor dan momen yang bikin greget. Pengambilan gambarnya juga jjang! Menggambarkan suasana dan latar dengan bagus. Lalu untuk penamaan karakter juga singkat padat dan jelas wkwk. Nama Hae Soo yang jadi “Soo-ya” buatku pribadi jadi manis banget karena aku juga pilih sebutan itu untuk sebutan koreaku. Oke, abaikan.

Untuk para pemain juga superb. Entah para produser mulai lihai memilih pemain atau para pemain yang mulai berkembang untuk bersaing di dunia per-drama-an, akhir-akhir ini makin bagus saja. Mungkin juga aku selaku penonton drama musiman yang tidak menonton semua drama, tapi teruntuk 2016 banyak drama bagus. IU makin bersinar aktingnya sebagai pemain utama dan berkembang banyak setelah The Producers (2015). Lee Jun Ki, ajjuhsi satu ini, tidak usah dipertanyakan dan semakin charming saja sebagai pria-dengan-bekas-luka yang tangguh. Kang Ha Neul juga tidak perlu dipertanyakan aktingnya. Sejak kemunculannya di To The Beautiful You (2012) udah bikin cukup terpesona. Ji Soo juga lovely seperti biasa walau sesungguhnya aku cuma nonton Page Turner (2016) sebagai pembanding. Baru pertama kali aku lihat akting Hong Jong Hyun di drama dan sama sekali tidak mengecewakan. Untuk Baekhyun, bisa dibilang sukses juga memotret Wang Eun yang ceria dan banyak tingkah wkwk. Kemunculannya sebanding dengan aktingnya walau ini bisa dibilang drama pertamanya. Untuk Seohyun masih kurang ngena dibeberapa scene. Nam Joo Hyuk juga agak kurang di sad part. But overall, we could see their effort with their partner and it’s good though.

Soundtrack tidak pernah bisa dilepaskan dari drama dan soundtrack drama satu ini juga punya pesona sendiri. Yang pertama kali menarik hatiku adalah “For You”-nya EXO. Kemunculan di episode 2 udah cukup jadi alasan, kan? Lalu “Can You Hear My Heart”-nya Epik High feat Lee Hi. Juga “Will Be Back” oleh Im Sun Hye yang menyayat hati ini di episode 11. Afterall, lagu selalu bisa membawa suasana.

Great one!

moon7-mkv_002787685

Rated: A

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s