[Drama Review] W – Two Worlds

cr: asian wiki

cr: asian wiki

  • Judul Internasional : W
  • Judul Korea : 더블유
  • Romanized : Deobeul Yu
  • Kategori : K-drama; fantasy, thriller, mystery, suspense, romance, comedy
  • Broadcast : MBC
  • Episode : 16
  • Perilisan : 20 Juli – 14 September 2016

Cast :

  1. Lee Jong Suk as Kang Chul
  2. Han Hyo Joo as Oh Yeon Joo
  3. Kim Eui Sung as Oh Sung Moo
  4. Jung Yoo Jin as Yoon So Hee
  5. Lee Tae Hwan as Seo Do Yoon
  6. Park Won Sang as Han Chul Ho
  7. Cha Kwang Soo as Son Hyun Suk
  8. Lee Si Eun as Park Soo Bong
  9. Heo Jung Do as Park Min Soo
  10. Kang Ki Young as Kang Suk Bum

When the fiction world becomes real.

cr: asian wiki

cr: asian wiki

Story:

Oh Yeon Joo adalah seorang dokter ahli jantung yang menggemari Kang Chul, karakter dari webtoon terkenal se-Korea Selatan berjudul “W” yang dibuat ayahnya, Oh Sung Moo. Suatu hari, relasi keluarga ini membuat atasan Yeon Joo yang juga menggemari “W” memaksa diberi bocoran akhir cerita yang membuat Yeon Joo menghubungi ayahnya. Betapa terkejutnya Yeon Joo mendapati kabar dari asisten ayahnya, Park Soo Bong, bahwa sang ayah tidak diketahui keberadaannya selama seharian itu. Terdorong oleh rasa penasaran akan sikap ayahnya yang tiba-tiba, Yeon Joo memeriksa kediaman ayahnya dan menemukan fakta bahwa hari itu adalah hari dimana episode terakhir dari “W” akan diunggah dengan Kang Chul terbunuh sebagai ending. Ditengah rasa kesal dan tidak percaya, Yeon Joo menemukan dirinya berpindah tempat dalam sekejap: ia berada di sebuah atap luas dengan seseorang yang berlumuran darah. Setelah saat-saat menegangkan untuk memberikan pertolongan pertama, Yeon Joo menemukan dirinya kembali ke ruang kerja ayahnya seperti semula. Tidak ada yang menyadari kepergiannya dan ia kembali setelah tulisan ‘Bersambung’ muncul di penglihatannya. Anehnya, episode terbaru “W” telah diunggah padahal Sung Moo masih menghilang dan betapa terkejutnya Yeon Joo: isi dari episode terbaru itu sama persis dengan apa yang sudah dilakukannya selama menghilang dari kamar ayahnya. Yeon Joo baru saja masuk dan keluar dari dunia webtoon. Bagaimana Yeon Joo dapat masuk ke dunia webtoon? Kenapa dunia itu bergerak dan terlihat sama persis dengan dunia nyata? Kemana ayahnya pergi? Kenapa Kang Chul mencarinya?


where, what, why, who, when, how


Appreciation:

How to appreciate this in a word? Wow.

Fantasi yang super. Tema yang tidak biasa. Jujur saja, di awal kemunculan drama ini beberapa orang memberikan sedikit sinopsis yang membuatku berpikir drama ini tidak bakal menarik. Bukankah terlihat konyol kalau mengatakan drama ini tentang hanya seputar karakter dunia webtoon yang menjadi nyata? Tapi kemudian aku mengetahui pemeran utamanya Han Hyo Joo. Dan segala ketidak tertarikan itu berubah.

Setelah melihat beberapa episode awal, dapat dipahami kenapa beberapa orang menuliskan sinopsis yang awalnya membuatku tak tertarik. Awal cerita W memang terlihat seperti itu. Kisah yang diinginkan oleh mungkin semua penggemar dunia fiksi di dunia ini: bertemu dengan tokoh utama tampan dari suatu fiksi dan menjadi sang putri lalu hidup bahagia selamanya. Tapi kemudian, W menjelaskan alasan semua itu terjadi dan apa yang akan terjadi jika hal yang tidak seharusnya terjadi di dunia fiksi menjadi nyata. Dua dunia yang terhubung oleh tablet menggambar dan apa yang terjadi jika tokoh fiksi mengetahuinya. Hubungan sebab dan akibat di dua dunia yang terhubung ini membuat penonton berpikir bahwa dunia fiksi ada di luar sana, menunggu untuk diselesaikan dengan adil dan masuk akal [seketika teringat fiksi yang berakhir dengan tidak adil] [uhuk]. Ketegangan dan misteri yang dibawakan ditiap episode membuat penonton tidak bisa mengira akhir dari sebuah episode. Preview hanyalah pengalih perhatian dari masalah sesungguhnya, jangan percaya [lol].

Untuk akting, jjang! Terutama Han Hyo Joo yang jadi alasanku menonton ini. Aku cukup terkejut melihat Kang Ki Young juga ada di drama ini walau tidak memiliki banyak peran. Kau sudah bekerja keras, oppa. Lee Si Eun yang sukses membawakan Soo Bong yang heboh. Lee Jong Suk jadi manis banget saat bersanding dengan Han Hyo Joo, but somehow his expression looks plain. Ambil positifnya saja, mungkin oppa satu ini sedang lelah bolak-balik ke dunia nyata dan webtoon. Untuk teknik pengambilan gambar sangat sesuai dengan momen yang ingin ditunjukan. Di beberapa adegan untuk pengambilan dari beberapa angle yang berbeda, terkadang muncul ketidaksamaan di beberapa aspek seperti gaya rambut Han Hyo Joo atau gestur tubuh Lee Jong Suk. Ya, hal ini biasa terjadi dan biasanya aku juga tidak begitu mempermasalahkan, tapi entah kenapa hal-hal ini terus terlihat di mataku lalu aku mulai bertanya apakah aku menjadi semakin teliti atau memang terlihat sejelas itu? Tapi tetap saja hal ini tidak berpengaruh ke keseluruhan cerita yang super.

Musik? Superb. Suka sama semua original soundtrack dan background music disini. “In The Illusion”-nya Basick dan INKII cukup bikin frustasi saat muncul di beberapa episode. “When I Feel I’m Into You” yang jadi BGM diciuman manis Kang Chul-Yeon Joo membuatku merasakan keajaiban dari momen itu. Dengarkan saja semua list soundtrack-nya di youtube terdekat!

Disarankan bagi para pencari tema drama yang tidak biasa!

Double-u, double-wow!

w13

Rated: A

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s