[Drama Review] Signal

Signal_(Korean_Drama)-p1

  • Judul Internasional : Signal
  • Judul Korea : 시그널
  • Romanized : Sigeuneol
  • Kategori : K-drama; crime, fantasy, life, mystery
  • Broadcast : tvN
  • Episode : 16
  • Perilisan : 22 Januari – 12 Maret 2016

Cast :

  1. Lee Je Hoon as Park Hae Young
  2. Cho Jin Woong as Lee Jae Han
  3. Kim Hye Soo as Cha Soo Hyun
  4. Jang Hyun Sung as Kim Bum Joo
  5. Jung Hae Kyun as Ahn Chi Soo
  6. Kim Won Hae as Kim Gye Chul
  7. Lee Yoo Joon as Jung Hun Ki

Drama yang menyita banyak perhatian di awal tahun 2016! Mari di-review~

signal

Story:

“Polisi itu menyebalkan dan tidak kompeten.” Adalah kalimat yang berusaha ditanam dalam-dalam di pikiran Park Hae Young, seorang Letnan Polisi yang tertangkap sedang menjual informasi perihal kehidupan artis. Detektif Cha Soo Hyun, yang bertugas dalam penangkapan perilaku tidak menyenangkan ini membawa Hae Young ke kantornya untuk diinvestigasi yang ternyata tidak semudah itu. Investigasi menjadi berbelit karena kelihaian Hae Young dalam berbicara dan mengamati keadaan sekitar. Sebentar saja, ia sudah melangkah keluar dari kantor kepolisian. Ketika Hae Young berusaha keluar dari parkiran kantor kepolisian, tiba-tiba sebuah suara terdengar memanggil namanya. Suara itu berasal dari sebuah walkie-talkie tua.

Seakan hal ini biasa mereka lakukan, Detektif Lee Jae Han berada di salah satu ujung transmisi itu dan sedang menghubungi Hae Young. Masalahnya, Hae Young tidak kenal dengan detektif mana pun, ia baru saja menemukan walkie-talkie tua yang harusnya tidak lagi bisa menyala, ditambah detektif itu membicarakan kasus lama yang dilupakan semua orang: kasus penculikan anak SD Kim Yoon Jung di tahun 2000. Detektif Jae Han memberikan kunci penting mengenai ‘kasus dingin’ yang tidak bisa dilupakan Hae Young itu hingga akhirnya terselesaikan di tahun 2015. Penyelesaian yang tidak disangka membawa begitu banyak perhatian dari masyarakat Korea Selatan hingga berimbas pada pembentukan tim spesialis kasus dingin yang terdiri dari orang-orang yang berhasil memecahkan kasus penculikan itu, yakni Cha Soo Hyun selaku ketua tim, Kim Gye Chul selaku anggota, Jung Hun Ki selaku forensik, dan Park Hae Young selaku profiler. Kasus-kasus dingin mulai dikerjakan. Transmisi antara Park Hae Young dan Lee Jae Han berjalan. Tapi siapa Lee Jae Han dan bagaimana ia mengetahui kunci dari kasus penculikan di tahun 2000? Hubungan apa yang dimiliki Park Hae Young dan Lee Jae Han? Kenapa sebuah walkie-talkie tua dapat mengirim dan menerima transmisi? Lihat selengkapnya di Signal!


memorable original soundtrack


Appreciation:

Bagaimana rasanya bisa berkomunikasi dengan seseorang dari masa lalu?

Pertanyaan itu terjawab di Signal: masa depan akan berubah. Dan jawaban itu tidaklah sesederhana kelihatannya. Setiap keputusan yang diambil akan mengubah banyak hal. Pesan itulah yang ditanamkan sepanjang drama ini berlangsung.

Setiap kasus membawa cerita dan setiap cerita membawa makna. Setiap pemainnya membawa karakter kuat masing-masing. Kasus, karakter, latar tertata begitu rapi dan jelas. Pergantian tahun, yang tentunya sering terjadi dalam drama ini, jadi tidak membingungkan. Bagi pecinta romance mungkin akan dikecewakan dengan minimnya interaksi cinta dalam drama ini. Walau minim, tapi tidak bisa dibilang tidak ada. Romance-nya lebih tepat diasosiasikan dengan kata manis dan sederhana. Tapi tentunya bagi pecinta misteri ada banyak elemen misteri yang menarik. Terutama episode terakhir, misteri yang membuat akhir cerita menjadi berkesan.

Ada banyak tokoh disini, mengingat temanya sendiri adalah kriminal seputar dunia polisi. Yang terkadang disayangkan oleh beberapa penonton drama ini adalah beberapa tokoh yang tetap terlihat sama walau beberapa tahun berlalu, tapi bagi saya jujur saja itu tidak masalah. Karena banyaknya tokoh per kasus, menurut saya malah membantu penonton untuk tetap mengikuti ceritanya. Lagipula keadaan ini juga sesuai dengan keadaan sekarang dimana orang-orang berusaha terlihat muda.

Sejak awal saya hanya ingin menikmati drama misteri, jadi saya tidak begitu memperhatikan kesalahan ataupun hal yang aneh dalam drama ini. Mengingat fantasi juga salah satu temanya, transmisi misterius juga tidak bisa dibilang aneh. Malah menambah aspek dalam cerita. Tiap adegan ketika dua detektif yang sama-sama ingin membuka kebenaran dalam tiap kasus ini muncul, membuat hati penonton semakin tersentuh dan penasaran: bagaimana akhir dari nasib mereka?

Yang mungkin masih mengganjal di hati saya adalah bagaimana Hae Young menjadi satu-satunya yang tahu segala perubahan yang terjadi. Melihat orang yang mati di depannya kembali hidup dalam semalam, mengetahui orang yang baru kemarin ia ajak bicara sudah menjadi satu dengan tanah esoknya. Tidak bisa dibayangkan bagaimana perasaannya… Tapi sekali lagi itulah inti dari drama ini: setiap hal bisa berubah.

Oh. Satu hal lagi yang mengganjal: seharusnya tiga tokoh itu berfoto bersama. Titik.

Rated: A

signal3

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s