Old Memory; Cardcaptor Sakura!

Halo halo!

Akhirnya ada juga yang mau aku bagi disini. Well, sebenarnya ada banyak hal yang terjadi, terutama di akhir tahun lalu dan awal tahun ini. Kejadian yang tidak bisa dikatakan menyenangkan dan karenanya aku mencari obat untuk kejadian tidak menyenangkan itu. Dan rupanya dalam pencarian itu aku menemukan cinta lamaku… Cardcaptor Sakura!

4507111

Begitu lihat judul itu tertera di layar laptop, kenangan lama rasanya membanjiri setiap jengkal ingatanku, walau samar dan tak pasti. Tapi aku yakin mengenal anime ini. Anime favoritku waktu kecil yang terlupakan seiring waktu dan rupanya memutuskan untuk muncul saat aku tidak mencarinya. Aku memang melupakan beberapa bagiannya, tapi begitu aku buka link-nya, aku kembali ingat keceriaan Kinomoto Sakura dan kekuatan sihirnya, Kero sang Penjaga Kartu yang lucu, Daidouji Tomoyo sahabat karib Sakura, juga si musuh-tapi-temannya Sakura; Li Syaoran.

Ada yang tidak kenal anime ini? Pasti ada, mengingat anime ini berada dalam jejeran anime tahun 1996-an.

Cardcaptor Sakura bercerita tentang seorang anak kelas 4 SD Tomoeda, Kinomoto Sakura, yang bertugas mengumpulkan Clow Cards, kartu-kartu sihir yang tanpa sengaja dibuat hilang bertebaran saat Sakura membuka buku tempat kartu Clow tersegel. Bersama makhluk penjaga buku Clow, Cerberos (yang diputuskan Sakura lebih cocok dipanggil Kero-chan), Daidouji Tomoyo (sahabat Sakura) juga tongkat kuncinya, Sakura mengalami hari-hari aneh penuh sihir demi mengumpulkan kembali Clow Card serta mencegah dunia dari kehancuran. Walau memiliki kemampuan sihir, tidak semudah kelihatannya untuk mengumpulkan 52 kartu Clow itu, karena setiap kartu memiliki pikiran dan perasaan masing-masing. Ada juga Li Syaoran, anak laki-laki keturunan keluarga Li yang terkenal ahli menggunakan sihir, menjadi rival Sakura dalam mengumpulkan Clow Card. Bagaimana Sakura mengumpulkan tiap kartu? Saksikan anime-nya di web terdekat! XD

[large][AnimePaper]scans_Card-Captor-Sakura_BlueShadowX700(0.78)__THISRES__161616

Menemukan mereka seolah membuatku kembali ke masa lalu. Membayangkan memiliki tongkat sihir, mengikuti tingkah Sakura, dan mengoleksi segala hal berbau bintang /lol/. Aku ingat dulu begitu seringnya memutar VCD Cardcaptor Sakura hingga hapal tiap percakapannya, sekarang, begitu aku cari lagi videonya aku masih tetap hapal beberapa dialognya dan itu membuatku tertawa. Aku masih ingat opening dan ending terakhir serinya, familiar dengan lagu yang Tomoyo nyanyikan di episode 23. Kenangan itu tidak hilang, hanya tersingkir dan tertutup oleh lembar kenangan lain.

Setelah aku cari kembali jejak Cardcaptor Sakura, aku menemukan episode-episode yang tidak sempat kutonton (terutama akhir ceritanya), ditambah membaca manga-nya. Kembali menonton dan membaca saat aku sudah bertumbuh membuatku menyadari banyak elemen yang dibahas di Cardcaptor Sakura. Walau kemasan anime-nya sudah diperhalus untuk anak-anak, tapi tidak bisa dipungkiri ‘penghalusan’ itu malah membuat lubang yang membuat penonton anime-nya penasaran. Aku masih ingat dulu terheran dengan sikap Tomoyo yang begitu posesif pada Sakura dan persahabatan terlalu dekatnya Touya-Yukito. Setelah membaca manga, terjawab sudah semua penasaran saya /hoho/ dan terlihat juga lubang-lubang yang ada demi menjaga pikiran polos anak-anak. Tapi, aku tidak keberatan. Penghalusan itu membuat Cardcaptor Sakura cocok menjadi tontonan anak-anak dan kalau mereka penasaran dengan ‘lubang-lubang’ itu, baca saja anime-nya saat sudah waktunya nanti, seperti aku /hoho/

Card-captor-sakura

Bagian menarik dari CCS? Tentu saja bagian Syaoran-Sakura! Dalam anime, aku suka ketika perasaan permusuhan Syaoran perlahan-lahan berubah menjadi pengertian dan rasa suka tiap episodenya, hal yang akan sulit diungkapkan di manga. Tapi dalam manga, aku suka bagian akhir ketika Sakura mengakui perasaannya langsung pada Syaoran lalu bertemu lagi ketika mereka menjadi murid SMP.

manganime

manga-anime

 

Dalam anime dan manga CCS memang ada banyak perbedaan yang malah menjadi kelebihan masing-masing, antara lain:

  • Awal kemunculan Cardcaptor Sakura diceritakan langsung di anime, sementara dalam manga diceritakan dalam mode flashback.
  • Kemunculan Syaoran dan kelebihannya dalam sihir awalnya terlihat jelas dalam anime, tapi makin lama tidak.
  • Dalam manga, Syaoran tidak pernah mendapat Clow Card.
  • Kehadiran Li Meilin (sepupu Syaoran) dan Wang Wei (pelayan keluarga Li) hanya ada dalam anime /sayang banget/
  • Latar waktu tertata jelas dalam anime.
  • Dalam anime tidak menjelaskan banyak kenapa kehadiran Yukito membuat Syaoran ber-blusing ria.
  • Kenapa tongkat penangkap Clow Card sangat girlist? Hanya dijelaskan di manga.
  • Alasan Sakura mempunyai kekuatan sihir karena ayahnya Kinomoto Fujitaka adalah bagian reinkarnasi dari Clow Reed, bagian lainnya yang memiliki kekuatan sihir dan seluruh ingatan masa lalu Clow Reed bereinkarnasi dalam wujud Hiiragizawa Eriol. Dalam manga, ini diceritakan dan diakhir Eriol akan membagi sihirnya dengan Fujitaka karena tidak ingin menjadi pemilik kekuatan sihir terhebat lagi.
  • Perkembangan hubungan Syaoran-Sakura terlihat dalam anime.
  • Akhir kisah Syaoran-Sakura berbeda dalam manga dan anime. Versi manga Sakura berhasil mengungkapkan perasaannya pada Syaoran di halte bus sebelum Syaoran pulang ke Hongkong. Versi anime Sakura hanya meminta boneka milik Syaoran tapi tidak mengungkapkan perasaannya.
  • Couple yang diminimalisirkan kejelasannya di anime karena sama sekali ‘tidak anak-anak’, yaitu Touya-Yukito (hm…), Tomoyo-Sakura (perasaan Tomoyonya…), Terada-Rika (kelihatan seperti pedofil sih), Eriol-Kaho (sama lah…), Sonomi-Nadeshiko (di anime kelihatan normal, tapi dari yang kubaca di manga sepertinya Sonomi menjurus ke arah yang sama dengan Tomoyo), Yue-Clow Reed (mungkin terlalu sayang dengan penciptanya… mungkin).

Dibalik perbedaan itu semua malah membuat tiap kejadian menjadi jelas, contohnya bagaimana Sakura menjadi seorang cardcaptor, perkembangan hubungan Syaoran-Sakura /yuhuu/, dan lain-lain.

movie

Oh yeah, tidak lupa 2 movie-nya juga tidak kalah menarik. Movie pertama (Cardcaptor Sakura: The Movie; 1998) berkisah tentang petualangan Sakura melawan ahli sihir dari masa lalu di Hongkong. Si ahli sihir ini menyimpan kekuatannya sedemikian lama hanya untuk memanggil Sakura yang memiliki kekuatan Clow Reed, rivalnya di masa lalu. Movie kedua (Cardcaptor Sakura: The Sealed Card; 2000) berkisah tentang kartu Clow ke-53, yang selama ini terasing, memberontak dan meminta kembali kartu-kartu Sakura. Disamping itu, Sakura dihadapkan pada keinginannya untuk mengatakan perasaannya pada Syaoran. Yep, movie ke-2 memang didedikasikan untuk the cutie couple ini.

ccs movie2

dancing in the stage (guess whos recording it? yep, Tomoyo!)

 

confession time XD cutie couple~

confession time XD
cutie couple~

Walau begitu, tetap aja kurang! /lol/

sakura-and-syaoran-cardcaptor-sakura-5479862-1024-768


 

Nah, nah. Sepertinya sekian dulu tulisan kali ini. Kalau ada yang ingin kembali bernostalgia atau bahkan ingin melihat Cardcaptor Sakura untuk pertama kali, aku kasih link-nya nih

Manga Anime Movie 1Movie 2

All in English subtitle

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s