Plagiarisme (Lagi)

Hai hai, WordPress-ers (?) !

Happy Sunday to all of you around the world!

Surabaya sedang cerah-berawan dan entah apa yang membuat aku tiba-tiba pengin nulis disini. Mungkin emang bawaannya mau nulis mulu sejak dapat pencerahan /tsah/, mungkin karena udara pagi tadi pagi, mungkin akibat baca artikel tentang berita ini (lagi) di majalah langganan ibu. Yah, kelihatannya jawaban terakhir yang lebih membuatku pengin nulis tentang ini, menumpahkan apa yang membuat kepalaku penuh.

Kali ini aku mau pengin bahas tentang plagiarisme yang (lagi-lagi) terjadi. Untuk Korean Lover pasti sudah bisa menebak siapa subjek baru disini. Yep. Sinetron yang baru-baru ini tampil di salah satu TV swasta Indonesia: Kau Yang Berasal Dari Bintang. Even if you aren’t Korean-fans, I thought you’ve already heard about the rumor?

Untuk yang belum tahu, bisa dibuka artikel ini: Indonesian ‘You Who Came From The Stars’ revealed to be plagiarism, not a remake (allkpop.com)

Sebelum sinetron ini dimulai, preview singkat berupa iklan yang ditayangkan di antara acaranya pun sudah menunjukkan kesamaan konsep antara sinetron Kau Yang Berasal Dari Bintang (KBB) [tayang sejak 28 April 2014, on going] dengan drama milik stasiun kenamaan Korea Selatan You Who Came From The Stars (YCFS) [tayang 18 Desember 2013 hingga 27 February 2014, ended]. Walau sebelum melihat preview singkat saat itu aku belum pernah melihat drama sukses dari Korea Selatannya, aku sudah menduga sinetron ini jelas mengambil ide yang sama. Because, the KBB preview resembles YCFS’ synopsis that I’ve read before. Apalagi sejak judul resmi sinetron ‘versi’ Indonesia keluar, dugaan itu berubah menjadi pemahaman pasti. Oh, ayolah mana ada kebetulan yang seperti ini?

 

별에서온그대
(re: byeole seon geudae)
=
You Who Came From The Stars
=
Kau Yang Berasal Dari Bintang

 

Dugaan awal: dari judul yang seakan menunjukkan bahwa sinetron ini adalah remake dari drama yang sudah diketahui sebelumnya, sebagian diriku menganggap sinetron ini sudah disetujui oleh stasiun yang mempunyai hak resmi versi awalnya. Ditambah dengan pemikiran: mana mungkin plagiat sejelas ini? Mungkin cuma ambil sebagian kecil dari versi dramanya? Tapi, dugaan itu cuma sebagian kecil dari 20%. Karena aku tidak melihat ada tulisan semacam “Diadaptasi dari drama terkenal” atau artikel resmi yang mendukung pembuatan ulang drama YCFS dari pihak Korea. Terlebih, drama ini terbilang sukses.

Kemudian episode pertama dari sinetron KBB muncul. Dugaan awal yang menganggap sinetron ini hanya mengambil sebagian kecil saja jelas salah total. Mulai dari kemunculan alien di masa ratusan tahun lalu, sesi bicara tokoh utama pria, kemunculan tokoh utama wanita di tahun modern, hingga ke bagian kecil macam penunjukkan pergantian waktu di dalam rumah oleh tokoh utama pria.  Awal dari episode satu KBB memiliki kesamaan alur dengan episode satu YCFS. Aku kurang tahu apakah sepanjang episode satu ataupun episode berikutnya dari KBB benar-benar meniru YCFS, karena aku memutuskan untuk tidak mengikuti rasa penasaran lebih jauh. Sudah jelas sekali kemana arah sinetron ini.

Kemudian, artikel allkpop muncul dan membuat kacau dua dunia. Dunia pro dan kontra. Kelompok Pro yang sejak awal membela sinetron KBB dan mengatakan bahwa mereka punya izin untuk membuat remake menjadi sasaran empuk bagi Kelompok Kontra yang kini menanyakan keberadaan ‘izin’ tersebut. Tidak perlu dibahas lagi, sudah pasti Kelompok Kontra itu kebanyakan didiami oleh para penyuka drama Korea dan tidak bisa disangkal bahwa saya adalah salah satu dari orang yang menyayangkan sikap tidak menghargai karya orang ini.

Well, aku tidak ingin membahas pengertian dari plagiarisme lagi disini (akan menjadi post yang ketiga kalau aku melakukannya), jika masih ada yang bingung dengan makna plagiat, bisa di cek disini: Plagiarisme (wikipedia).

Bukan hanya tulisan yang bisa diplagiat, nyatanya drama juga bisa. Dan tulisan ataupun hal yang mirip tapi tidak disebut sumbernya juga disebut dengan plagiat (klik “Plagiarisme” di atas). Nah, kalian sebut apa sinetron di atas?

Berita ini mengguncang saya, sejujurnya, karena kemunculannya. Terlebih dengan sikap orang yang terlibat dalam pembuatan sinetron. Em, kemiripan yang sedikit? Tidak tahu kalau sama? I’ll agree if the similarity is just about the title. Nyatanya, awal mulanya saja sudah sama. And, please, K-pop is around the world now, kemungkinan untuk diketahui plagiat jelas lebih besar.

Tidak bermaksud untuk membela K-pop, saya hanya merasa kita terlalu berkecil hati dengan kemampuan kita. Masih ada banyak ide menarik di sekitar kita, hanya saja belum disadari. Ada banyak orang yang dapat membuat ide, hanya saja belum ditemukan. Kenapa harus mengambil pemikiran orang lain sementara kita masih diizinkan berpikir? Kenapa harus mengikuti sementara kemungkinan diikuti juga ada? Jika ada yang perlu ditiru yaitu hanya sifat nasionalisme, kerja keras, serta apresiasi orang Korea terhadap karya bangsa. Mereka tidak malu dan terus mencoba. Jikalau kita juga begitu, saya percaya negara kita akan jauh lebih besar dari negara mana pun, karena sesungguhnya kita memiliki banyak kepala untuk memikirkan langkah yang lebih baik. Karena sesungguhnya kesempatan itu ada. Mungkin saat ini Indonesia adalah negara kecil dalam bidang dunia hiburan, tapi akan ada saatnya kita menjadi negara besar. Jangan pernah berpikiran: “Kita ini negara kecil jadi tidak akan ada yang tahu kalau kita begini…”, tapi berpikirlah: “Kita ini negara kecil dan kita akan dilihat karena kecil itu”.

This is the end of this post. When this post still on written, I found this one:  Indonesian Version of “You Who Came From The Stars” Officially Stops Airing. Kuharap masalah seperti ini tidak ada lagi sementara masalah plagiat lain dapat segera ditindaklanjuti. So, see ya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s