[Book Review] Shut Up and Let’s Go! #1

 

cr: goodreads

  • Judul buku        : Shut Up and Let’s Go! #1
  • Penulis                 : Kim Hyun Jeong
  • Penerjemah      : Dwita Rizki Nientyas
  • Penyunting        : Prisca Primasari
  • Penerbit              : Qanita PT Mizan Pustaka
  • Terbit                   : November 2013 (Cetakan I)
  • Tebal                    : 292 halaman
  • Spesifikasi         : Fiksi Korea (Terjemahan)

~***~

Lebih baik berjalan dalam kegelapan bersama seorang sahabat di sampingmu daripada berjalan dalam cahaya tetapi sendirian

– Helen Keller

Adalah kalimat yang mengawali segala petualangan dalam buku Shut Up and Let’s Go #1. Kalimat yang sudah sangat populer, tapi terasa sangat cocok dengan buku ini.

Berkisah tentang enam pemuda SMA berparas rupawan yang bersatu untuk membentuk band. Bernamakan Eye Candy, Joo Byeong Hee (leaderlead guitarist), Kwon Ji Hyeok (vocalist, guitarist), Lee Hyeon Su (guitarist), Jang Do Il (drummer), Kim Ha Jin (bass), dan Seo Gyeong Jong (keyboardist) bersatu untuk menjadi band rock terkenal. Bersama mereka menghadapi kejam dan terjalnya langkah mereka untuk menjadi bintang terkenal. Dan semua itu dimulai dari kepindahan mereka ke SMA Jeong Sang.

Sekolah yang ditutup membawa mereka ke dalam hal besar. Mulai dari Byeong Hee yang yakin telah bertemu dengan muse-nya; Im Soo Ah, juga permusuhan dengan kelompok band yang telah berkuasa di SMA Jeong Sang, Strawberry Fields, membawa mereka ke dalam kehidupan yang lebih berat yang tak pernah mereka duga sebelumnya. Permusuhan dengan Strawberry Fields membuat Byeong Hee pergi meninggalkan Eye Candy selamanya, sehingga Ji Hyeok mau tidak mau bergerak maju mengisi kekosongan leader. Bersisakan 5 anggota, Ji Hyeok dan kawan-kawan bermimpi dapat menang di panggung festival rock nasional dengan membawakan lagu terakhir ciptaan Byeong Hee. Namun, jalan untuk sukses tidaklah mudah dengan kehadiran Strawberry Fields yang selalu mengganggu, sekolah yang tidak menginginkan mereka, bahkan termasuk Im Soo Ah, gadis yang entah sejak kapan berhasil mencuri hati Ji Hyeok. Tidak seharusnya ia jatuh cinta pada dewi inspirasi teman baiknya, kan?

Merasa tidak asing, kah, dengan sinopsis di atas? Bagi penyuka K-drama, terlebih penyuka boyband INFINITE, pasti kenal dengan cuplikan di atas. Benar, buku ini diadaptasi dari drama populer di awal tahun 2012 yang memiliki judul Shut Up Flower Boyband. Tapi, bukan waktunya untuk membahas dramanya disini, karena akan ada waktu di lain post (:p)

Kisah tentang persahabatan dalam buku Shut Up and Let’s Go #1 ini membuatku terharu, walau sudah pernah menonton versi drama, tetap saja versi buku selalu punya nilai sendiri. Ada banyak hal yang tidak diungkapkan dengan benar dalam drama dapat tersampaikan dengan baik dalam buku, begitu pula sebaliknya. Makna saling percaya, janji, dan sahabat mendominasi jalan cerita. Bagian yang membekas yaitu ketika digambarkan mereka berlatih dengan giat. Bagian yang paling mengharukan adalah ketika Soo Ah menginap di rumah Ji Hyeok (entah kenapa rasanya manis sekali dalam tulisan), dan ketika Ji Hyeok berhenti menyanyi di atas panggung festival karena melihat Hyeon Su yang tetap bermain walau tangannya berdarah. Ia rela mereka tidak menang, asal temannya baik-baik saja.

Tapi, layaknya buku terjemahan, kalimat di dalamnya kurang menjelaskan apa yang terjadi dan terlalu cepat berganti setting dari satu tempat ke tempat lain. Awalnya itu sempat mengusik, tapi toh akhirnya aku terbawa sendiri oleh atmosfer rock dan persahabatan Eye Candy. Akhir-akhir ini aku sangat sensitif dengan tema terakhir itu :’)

Overall, this book is good and can teach you the value of fiendship. 

That’s all I can say about this book! See ya on the next book, Shut Up and Let’s Go #2! I’m still reading it, by the way.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s